Rabu, 08 September 2010

LAPORAN

LAPORAN

1. Laporan merupakan informasi yang berisi hasil kegiatan, bentuk pertanggungjawaban, maupun hasil pengamatan yang disampaikan secara tertulis maupun lisan.

2. Berdasarkan isinya, ada beberapa jenis laporan, yaitu laporan buku, laporan diskusi, laporan perjalanan, laporan peristiwa, dan laporan penelitian.

3. Fungsi laporan adalah sebagai.

a. bukti pertanggungjawaban orang bagi yang mendapat tugas;

b. landasan untuk mengambil keputusan;

c. sarana untuk melakukan pengawasan;

d. bahan studi dan pengalaman bagi orang lain;

e. sarana untuk kepentingan pengarsipan dan pendokumentasikan

4. Hal yang harus kita perhatikan ketika menganalisa sebuah laporan adalah 5W+1H (what/ apa,who/ siapa, why/mengapa, when/ kapan, where/ di mana, dan how/bagaimana).

5. Untuk menemukan pokok-pokok isi laporan, kita dapat memerhatikan kata-kata kunci dalam setiap kalimat utama sebuah laporan.

6. Laporan peristiwa mengungkapkan hal-hal penting tentang suatu peristiwa.

7. Laporan peristiwa didasarkan bahwa peristiwa yang dialami narasumber sangat penting dan bermanfaat dengan untuk diketahui khalayak.

8. Laporan dapat disampaikan secara lisan dengan mengungkap hal-hal sebagai berikut.

a. Latar belakang dan tujuan

b. Tempat dan waktu

c. Peristiwa yang dialami

d. Hasil yang diperoleh

9. Contoh laporan secara lisan, misalnya laporan pandangan mata reporter radio atau televisi tentang suatu peristiwa.

Contoh laporan reporter radio

Karnaval Peringatan HUT RI Ke-64 Kota Semarapura

Selamat siang pendengar radio Ceria FM. Pada saat ini kami berada di Jalan Surapati, Semarapura untuk mengikuti jalannya Karnaval Budaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI yang ke- 64. Dapat kami laporkan bahwa pada hari ini di sepanjang Jalan Surapati dipenuhi oleh sebagian besar warga kota Semarapura. Mereka tampak antusias menyaksikan jalannya karnaval pembangunan kali ini.

Sementara itu beraneka ragam kendaraan hias , drum band, barisan anak sekolah yang menampilkan beragam atraksi tari daerah dengan rapi dan tertib mengikuti jalannya carnaval. Para peserta berasal dari berbagai sekolah yang ada di kabupaten Klungkung . Iring-iringan ini dimulai dari lapangan Puputan , menuju jalan Surapati, jalan Diponogoro, Jl Arjuna dan kembali ke Lapangan Puputan.

Perlu kami sampaikan pula bahwa di depan Munumen Puputan Klungkung para peserta mendemontrasikan tarian daerah yang diiringi gong baleganjur disaksikan oleh pejabat Muspida kabupaten Klungkung.

Demikian laporan pandangan mata dari kota Semarapura , selamat siang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar