Rabu, 08 September 2010

MENYUNTING KARANGAN

MENYUNTING KARANGAN

1. Menyunting karangan berarti memperbaiki karangan berdasarkan kaiidah-kaidah yang benar.

2. Kaidah-kaidah yang harus diperbaiki atau diperhatikan dalam sebuah karangan adalah sebagai berikut.

a. Ejaan, hendakya menggunakan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

b. Tanda baca, ketepatan penggunaan dan penempatan tanda baca, misalnyan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda titik koma (;), tanda titik dua (:), tanda petik satu (’….’), tanda petik dua (”….”), dan sebagainya.

c. Diksi, yaitu pilihan kata yang sesuai dengan konteks kalimat.

d. Kalimat, yaitu keefektifan kalimat.

e. Paragraf, yaitu keterpaduan dan keruntutan paragrraf.

f. Keterbacaan karangan.

g. Sistematika penyajian.

h. Kebenaran konsep materi karangan.

3. Kegiatan menyunting dilakukan salah satunya untuk mempersiapkan naskah yang baik dan benar sebelum diterbitkan.

4. Naskah-naskah tersebuut biasanyan berupa buku, majalah, surat kabar, tabloid, dan sebagainya.

5. Kegiatan menyunting naskah juga kkegiatan mengedit naskah.

6. Orang yang berprofesi mengedit naskah disebut editor.

Contoh menyunting karangan

Naskah sebelum disunting

Merawat tanaman hias

Tanaman hias adalaah merupakan tanaman yang berfungsi untuk menambah keindahan. Tanaman hias dapat diletakkan didalam atau diluar ruangan baik dirumah, dikantor, atau dimana saja. Banyak berbagai jenis tanaman hias yang dijualdengan harga bervaresi. Agar tanaman hias dapat tampil dengan indah harus dirawat dengan baik.Dalam merawat harus mengeetahui karaakteristik dan kebutuhan tanaman. Sebagai contoh misalnya merawat tanaman anggrek harus mengetahui sifat-sifat dan kebutuhan tanaman anggrek tersebut sehingga tanaman anggrek itu dapat tumbuh dengan sehat. Demikian juga untuk merawat tanaman hias yang lain juga harus mengetahui dan memahami sifat-sifat serta kebutuhan tanaman. Pada dasarnya setiap jenis tanaman hias memiliki sifat-sifat dan kebutuhan yang berlainan antara satu dengan tanaman lainnya. Misalnya tanaman teratai tanaman bunga kamboja kedua jenis tanaman tersebut memiliki sifat dan kebutuhan yang berbeda-beda. Tanaman teratai seharusnya ditanam dikolam atau tempat berair sedangkan tanaman kamboja tidak membutuhkan banyak air sehingga tidak ditanam didalam kolam seperti halnya tanaman teratai.

7. Karangan tersebut belum memenuhi standar karangan yang baik dan benar karena ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan misalnya sebagai berikut.

a. Penulisan kalimat pada awal sebuah paragraph seharusnya sedikit menjorok masuk, bukan rata kiri.

b. Penulisan judul karangan tersebut tidak tepat, judul karangan seharusnya ditulis menggunakan huruf capital pada setiap awal kata. Judul karangan seharusnya diletakkan ditengan atau centering. Penulisan judul yang benar untuk karangan tersebut adalah Merawat Tanaman Hias.

c. Kalimat pertama pada karangan tersebut tidak efektif karena terdapat penggunaan kata yang mubazir, yaitu kata adalah dan merupakan. Kedua kata tersebut bermakna sama sehingga seharusnya digunakan salah satunya.

d. Pada kalimat kedua terdapat kesalahan penulisan kata didalam dan diluar. Penulisan yang benar adalah dengan memisahkan antara kata di dan kata dalam dan di dengan kata luar. Kata di pada kedua kata tersebut berfungsi sebagai kata depan dan menunjukan tempat. Selain itu, pada kalimat tersebut juga terdapat kesalahan pada penggunaan tanda baca, seharusnya sebelum kata baik diletakkan tanda koma (,).

e. Pada kalimat ketiga juga ditemukan kesalah ejaan pada penulidan kata bervareasi. Kata tersebut tidak baku. Penulisan kata bervareasi yang benar adalah bervariasi.

Selain hal-hal tersebut, masih banyak ditemukan kesalahan penulisan yang lain.

8. Berikut ini adalah alur kerja seorang editor buku dalam sebuah perusahaan penerbit ketika menyunting/mengedit sebuah naskah.

a. Membaca naskah secara tuntas dengan tujuan mengetahui gambaran keseluruhan isi naskah. Ini penting agar sang penyunting juga memahami konsep naskah/ buku yang diinginkan oleh penulis. Seorang editor tidak boleh begitu saja mengunabah sebuah naskah tanpa mengetahui konsep yang diinginkan oleh penulis. Hal itu disebabkan, sebuah buku menunjukan identitas penulisnya. Jika buku diubah terlalu dalam oleh sang editor, dikhawatirkan cirri khas penulis akan jilang. Hal ini terutama berlaku bagi buku-buku umum.

b. Menandai bagian-bagian yang meragukan. Bagian-bagian yang meragukan ini bisa diberi tanda dengan pensil berikut keterangan ataupun catatan singkat. Kemudian, seorang editor perlu berkonsultasi dengan penulis untuk membahas ”temuan-temuan” tersebut. Tujuannya adalah untuk mencari titik temu.

c. Editor mengeksekusi naskah dengan memperbaiki beberapa temuan sebelumnya perbaikan tersebut, misalnya dalam hal konsep maupun kebahasaan.

d. Editor berdiskusi dengan bagian art kreatif untuk membahas konsep buku yang akan diterbitkan tersebut berkaitan dengan naskah grafika : gambar, desain isi, desain kover, dan tata letak.

Berikut adalah hasil suntingan terhadap karangan tersebut.

Merawat Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan tanaman yang berfungsi untuk menambah keindahan. Tanaman hias dapat diletakkan di dalam atau di luar ruanga, baik di rumah, di kantor, atau di mena saja. Berbagai jenis tanaman hias dijual dengan harga bervariasi. Agar tamanan hias dapat tampil dengan indah, harus dirawat dengan baik.

Dalam merawat tanaman hias, seseorang harus mengetahui karakteristikdan kebutuhan tanaman. Sebagai contoh, misalnya merawat tanaman anggrek, seseorang harus mengetahui sifat-sifat dan kebutuhan tersebut sehingga dapat tumbuh dengan sehat. Demikian juga untuk merawat tanaman hias yang lain juga harus mengetahui sifat-sifat dan kebutuhannya.

Pada dasarnya setiap jenis tanaman hias memiliki sifat-sifat dan kebutuhan yang berlainan. Misalnya, tanaman teratai atau tanaman bunga kamboja. Kedua jenis tanaman tersebut memiliki sifat dan kebutuhan yang berbeda. Tanaman teratai seharusnya ditanam di kolam atau tempat berair, sedangkan tanaman kamboja tidak membutuhkan banyak air sehingga seharunya tidak ditanam di dalam kolam seperti halnya tanaman teratai.

14 komentar:

  1. Maaf, dalam penyuntingannya masih ditemukan banyak kesalahan. Salam kenal, Acep 081227555575

    BalasHapus
  2. @,@ salah benarpun masih gak ngerti aku... BINGGGUNGGGG!! X,X

    BalasHapus
  3. Terimakasih, karyanya sangat membantu. Kalau boleh tau sumber atau buku tentang menyunting yang Anda gunakan judulnya apa dan pengarangnya siapa trus apa penerbitnya?/

    BalasHapus
  4. Thank's ,, tapi hasil suntingannya ada penulisan yang masih salah :D :v

    BalasHapus
  5. Terima kasih sekali tugas saya jdi selesai. Assalamualaikum warohmatullohiwabarakatu. Salam kenal semua

    BalasHapus
  6. Terima kasih banyak,ini sangat membantu bagi saya

    BalasHapus
  7. bagus mass,lbih di perbaiki lg,,
    biar lbh bagus dan banyak yg baca

    BalasHapus
  8. bermanfaat sekali, namun saya rasa pada artikel masih mengandung banyak kesalahan seperti salah pengetikan, paragraf dan yg lainnya..

    Maka dari itu saya sudah menyunting dan memperbaiki kembali semua isi tulisan disini agar dapat lebih mudah dimengerti. Langsung saja kunjungi
    Pengertian dan Contoh Menyunting Karangan

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas penjabaran terkait artikel diatas, semoga kedepannya bisa terus menambahkan artikel bermanfaat lainnya

    Materi Pelajaran

    Jgn lupa untuk mengunjungi artikel ini


    Sejarah Gerakan Non Blok Di Indonesia

    BalasHapus